Search

Memuat...

Jumat, 19 April 2013

Pengaruh Teknologi pada Anak-Anak




KARYA ILMIAH

Pengaruh Teknologi pada Anak-Anak



Ade Oktariani

111402056

PRODI S-1 TEKNOLOGI INFORMASI
FASILKOM-TI USU
MEDAN
2013






KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Teknologi Terhadap Anak-Anak”. Karya ilmiah ini dibuat guna untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Pengantar Psikologi Umum.

Pada kesempatan ini tak lupa pula penulis untuk mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dina selaku dosen pada mata kuliah psikologi tersebut yang telah memberikan pelajaran tentang psikologi.

Penulis menyadari bahwa dalam karya ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan maupun kesalahan baik itu dari segi penyusunan, isi pembahasan, serta bahasa yang digunakan. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, guna untuk memberikan kemajuan dan kesempurnaan pada karya yang akan datang.

Semoga dengan adanya karya ilmiah ini akan memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Dan karya ilmiah ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk karya ilmiah selanjutnya.

Medan, April 2013

Ade Oktariani



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
           1.1 Latar Belakang
           1.2 Rumusan Masalah
           1.3 Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
            2.1   Pengaruh Teknologi pada Psikologi Anak
            2.2   Dampak Positif Teknologi pada Anak-Anak
            2.3   Dampak Negatif Teknologi pada Anak-Anak
            2.4   Peran Orang Tua

BAB III PENUTUP
            3.1   Kesimpulan
            3.2   Saran

DAFTAR PUSTAKA
            


BAB I

PENDAHULUAN

1.1              1.1      Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi tentunya telah banyak membantu masyarakat dunia untuk saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Karena cepatnya akses informasi ini, membuat dunia terasa semakin sempit karena kita dapat melihat apa yang terjadi di berbagai negara dengan cepat dan mudah.
Tentu saja kemajuan teknologi ini akan menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia. Perubahan ini terjadi akibat pengaruh yang diberikan teknologi pada manusia. Hal tersebut dapat saja berupa pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Kemajuan teknologi yang ada sekarang ini misalnya seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet yang tidak hanya menyentuh masyarakat kota, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Bukan hanya orang dewasa atau remaja saja yang dapat merasakannya tetapi juga anak-anak.  
Seharusnya kemudahan yang diberikan teknologi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia sehingga memberikan pengaruh positif bagi manusia tersebut. Namun banyak juga orang yang menyalahgunakan teknologi sehingga memberikan pengaruh negatif. Dan yang terkena dampaknya kebanyakan remaja dan anak-anak. Hal ini terjadi karena kurangnya ilmu pengetahuan tentang bahaya/ dampak dari penggunaan teknologi serta kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak-anak mereka.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak baik yang dapat merusak psikologi anak, maka penulis menulis karya ilmiah ini untuk menjadi bacaan yang bermanfaat bagi pembaca dan bagi kita semua. Agar menambah ilmu pengetahuan kita serta dapat menggerakkan kita untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut kearah yang positif.

1.2             1.2      Rumusan Masalah
Dalam karya tulis ini penulis telah merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas disini, diantaranya yaitu:
  1. Bagaimana pengaruh perkembangan teknologi terhadap psikologi anak? 
  2. Apa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi tersebut pada anak-anak? 
  3. Apa peran orang tua dalam mengikuti perkembangan anaknya yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi tersebut?

1.3              1.3      Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah
1. Agar kita dapat mengetahui pengaruh teknologi terhadap manusia khususnya pada psikologi anak.
2.    Untuk memberikan informasi mengenai dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh teknologi.
3.  Menambah pengetahuan tentang teknologi sehingga membuat para pembaca terutama orang tua untuk lebih memperhatikan perkembangan anaknya yang sudah mulai terkena teknologi.


BAB II

PEMBAHASAN

2.1       Pengaruh Teknologi pada Pskilogi Anak
            Teknologi adalah benda-benda atau alat-alat yang diciptakan oleh manusia untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan beberapa hal. Dengan teknologi segala kegiatan manusia akan terbantu dan terasa lebih mudah, misalnya seperti dalam hal komunikasi dimana manusia awalnya berkomunikasi hanya bisa dengan cara berinteraksi langsung atau bertatap muka, tetapi dengan adanya teknologi manusia mulai terbantu dalam hal ini. Manusia bisa saling berkomunikasi dengan waktu dan jarak yang tidak terbatas, bisa berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat yang berbeda bahkan tempat yang jauh dengan bantuan telepon/handphone, bisa dengan chatting, email, ataupun hal-hal lain. Dalam hal lain seperti untuk mengetahui berbagai informasi manusia telah dibantu dengan teknologi juga yaitu televisi dan internet. Televisi dan internet sangat membantu manusia untuk mengetahui berbagai informasi di berbagai belahan dunia dalam waktu yang cepat.
            Banyak kemudahan yang diberikan teknologi untuk membantu segala pekerjaan kita di dunia ini dan membantu kita berinteraksi dengan yang lain. Namun hal ini juga memberikan pengaruh yang tidak baik bagi kita jika kita tidak dapat mengendalikan perkembangan teknologi ini. Disini sebagai manusia kita memiliki peran lebih tinggi dari teknologi, jadi jangan mau teknologi yang mengendalikan  kita. Tanpa kita sadari dengan adanya teknologi manusia menjadi semakin terlena dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan teknologi sehingga kita bisa melupakan kewajiban kita seharusnya sebagai manusia. Dengan adanya teknologi ini kita semakin jarang untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain, lebih suka melalui perantara teknologi.
            Teknologi telah membantu dan mempengaruhi semua kalangan baik itu orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Sekarang hampir semua anak sudah menyentuh teknologi seperti kita lihat sekarang sudah banyak anak SD yang menggunakan HP, ipad, tab, laptop dan sebagainya. Seharusnya anak-anak menggunakan benda-benda tersebut untuk pembelajaran, namun kebanyakan anak menggunakannya untuk bermain games, chatting dengan temannya, mencari berbagai informasi yang ingin diketahuinya di internet. Hal ini sangat berpengaruh bagi psikologis anak dimana pada umur yang masih dini itu seharusnya anak-anak banyak melakukan kegiatan secara langsung bukan melalui perantara. Seperti bermain di alam terbuka dengan teman-temannya, melakukan berbagai hal yang akan menambah pengetahuannya dan membantu proses belajarnya untuk mengenali dunia. Dengan hal yang langsung dirasakannya itu memberikan sensasi dan persepsi tersendiri bagi anak-anak. Dia akan merasakan bagaimana sensasinya bermain lumpur, melihat bunga, burung, serta hal-hal lain yang secara nyata bukan hanya melihat gambar atau mendengar suaranya saja melalui televisi dan internet.
            Hal tersebut akan lebih bermakna bagi anak-anak sehingga dia lebih memahami dan selalu mengingat pengalaman-pengalaman yang ia rasakan secara langsung dari pada yang hanya ia baca. Dengan keterlibatan langsung ini akan lebih mengembangkan psikologi anak, kemampuan motoriknya, dan sebagainya. Harus ada pengendalian, pembatasan dan pengawasan terhadap anak dalam menggunakan teknologi agar anak hanya mendapat pengaruh positif dari teknologi dan menjauhkan anak dari segala pengaruh negatifnya. Ini akan membantu anak agar tetap maju dan tidak melupakan kodratnya sebagai anak-anak yang perlu bermain untuk proses pembelajaran dalam dirinya. Dengan demikian anak akan tumbuh dengan alami sesuai dengan perkembangan yang normal, tidak akan berkembang secara cepat bahkan anak tidak akan dewasa sebelum waktunya.

2.2       Dampak Positif Teknologi pada Anak-Anak
Adapun dampak positif dari teknologi yang ada terhadap anak-anak, diantaranya yaitu :
  1. Dapat membantu anak untuk menambah pengetahuannya tentang perkembangan teknologi.
  2.  Teknologi seperti televisi dan internet dapat dijadikan sebagai sarana hiburan dan pembelajaran bagi anak yaitu anak bisa melihat acara-acara yang menghibur seperti film kartun yang positif dan acara lainnya yang membangun kreatifitas mereka serta akan memberikan wawasan yang luas bagi anak dengan informasi yang diperolehnya dari televisi melalui acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan. Informasi yang ada di seluruh dunia juga bisa ia peroleh melalui intenet dengan cepat yang juga bisa membantu proses belajarnya.
  3. Dengan handphone dapat mempermudah orang tua untuk berkomunikasi dengan anak, dan fitur-fitur yang disediakan juga dapat membantu seperti jam yang dapat membantu anak untuk terbiasa bangun sendiri.
  4. Memperluas jaringan pertemanan anak sehingga ia mempunyai banyak teman untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. 
  5. Dengan memberikan pelajaran komputer yang sesuai dengan kebutuhan anak sejak sekarang akan membantunya di masa yang akan datang.

2.3       Dampak Negatif Teknologi pada Anak-Anak
            Selain dampak positif adapula dampak negatif yang ditimbulkan teknologi terutama bila salah dalam menggunakannya, seperti :
  1. Anak bisa lupa belajar karena banyak menonton televisi.
  2. Terdapat banyak acara yang tidak mendidik di televisi seperti film kekerasan ataupun berita kriminal yang tidak patut dilihat anak-anak sehingga bisa mempengaruhi kejiwaan anak bahkan kemungkinan anak akan menirukan adegan yang ia lihar di televisi.
  3. Terdapat banyak informasi atau situs-situs yang mudah diakses oleh siapapun tidak terkecuali oleh anak-anak yang seharusnya tidak pantas untuk dilihat oleh anak-anak di internet.
  4. Adanya games di handphone dapat menyebabkan anak mengalihkan perhatiannya pada saat belajar di kelas dan saat guru menjelaskan pelajaran, selain itu anak bisa memperoleh gambar atau video yang tidak baik melalui handphone.
  5. Radiasi yang ditimbulkan handphone dan komputer/laptop dapat mengganggu kesehatan dan perkembangan anak. Dimana seharusnya anak disibukkan dengan aktifitas bergerak seperti bermain, berolahraga, dan aktifitas lainnya yang membantu perkembangan motorik anak.

2.4       Peran Orang Tua
Dalam penggunaan teknologi kearah positif dan menghindari pengaruh negatifnya terhadap anak, peran orang tua sangat diperlukan. Orang tua perlu memberikan batasan waktu bagi anak untuk menonton televisi dan penggunaan komputer serta internet, jika perlu dibuatkan jadwal anak kapan bisa menonton televisi agar anak terbiasa dengan kedisiplinan dan memilihkan acara-acara yang tepat untuk ditonton oleh anak serta memberitahukan adegan mana yang tidak pantas untuk dicontoh. Selain itu orang tua perlu mendampingi anak saat anak menggunakan teknologi seperti televisi dan internet agar bisa membatasi apa saja yang dapat dilihat oleh anak agar anak tidak memperoleh hal-hal negatif yang menggangu tumbuh kembangnya. Selalu memeriksa handphone anak, orang tua harus melihat apa saja isi handphone anak agar dapat menghindari anak untuk menyimpan atau mengkonsumsi gambar-gambar atau video yang tidak sepantasnya untuk usia mereka.


BAB III

PENUTUP

3.1       Kesimpulan
            Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi sangat penting bagi kita semua baik itu bagi orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Hanya saja penggunaan terhadap teknologi inilah yang perlu kita kendalikan apalagi teknologi yang selalu berkembang setiap saat. Kita harus mengendalikan penggunaanya kearah yang positif dan menghindari dampak negatifnya terutama pada anak-anak yang sangat mudah menerima semua informasi yang ia dapat tanpa menyaring informasi tersebut layak atau tidak untuk ia konsumsi. Dalam hal ini peran orang tua lah yang sangat penting untuk memperhatikan perkembangan anaknya terutama anak-anaknya yang sudah tersentuh oleh teknologi yang luar biasa ini. Dengan begitu anak dapat menikmati teknologi yang ada tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang anak yang membutuhkan pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh langsung dari bermain, olahraga, serta interaksi dengan temannya secara langsung. Perkembangan motorik anak, perkembangan kesehatan serta psikologinya pun akan berjalan dengan baik.

3.2       Saran
            Orang tua harus lebih hati-hati dan bijaksana lagi dalam mengenalkan teknologi kepada anak. Selalu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak agar anak menjadi seseorang yang berguna di masa yang akan datang serta dapat membanggakan orang tuanya.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Feldman, Robert S. 2012. Pengantar Psikologi. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika. 
  2. King, Laura A. 2010. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika.
  3. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Modern.(http://dampakposifdannegatifteknologimo.blogspot.com/) 
  4. Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Anak.  (http://parentsguide.co.id/2013/03/pengaruh-teknologi-terhadap-perkembangan-anak/)




Tidak ada komentar: