Jumat, 29 Maret 2013

Survey Psikologi

Pada tanggal 27 maret kami diberikan tugas pada mata kuliah psikologi untuk membuat sebuah survey yang berisi beberapa pertanyaan dengan topik yang kami inginkan. Saya memilih membuat survey tentang cara membaca sikap orang lain. Topik ini saya pilih karena saya ingin mengetahui pendapat setiap orang mengenai beberapa hal. Adapun beberapa pertanyaan yang saja berikan yaitu :

  1.  Apakah kita perlu membaca pikiran orang lain (lawan bicara kita) ?   (multiple choice)
  2.  Bagaimana cara kamu untuk mengetahui bahwa lawan bicara kita sedang berkata bohong ?   (paragraph text)
  3. Apakah menurut kamu orang yang berbicara dengan menggunakan telunjuk untuk menuding itu sopan?   (multiple choice)
  4.  Bagaimana pendapat anda jika orang yang anda ajak berbicara tidak menatap anda?   (paragraph text)
  5.  Bagaimana cara anda mengetahui jika seseorang ingin berbicara (mengeluarkan pendapat) pada saat rapat?   (paragraph text)
  6. Apakah gerakan tubuh kita sudah memperlihatkan kebenaran dari kata-kata yang kita ucapkan?   (multiple choice)
  7.  Apakah membaca pikiran melalui sikap seseorang itu perlu dalam hal sosialisasi?   (multiple choice)
  8. Apakah dalam dunia IT kita perlu membaca sikap dan pikiran orang?   (multiple choice)



Hasil survey :


      Survey  tersebut  telah  direspon  (dijawab)  oleh  46  orang  yang  merupakan  mahasiswa  TI. Adapun  yang  dapat  disimpulkan  dari  semua  jawaban  atas  masing-masing  pertanyaan  yaitu :
  1. Dari 46 orang sebagian besar menjawab bahwa kita perlu membaca pikiran orang lain (lawan bicara kita) hanya beberapa saja yang menjawab tidak perlu. Sebenarnya kita perlu membaca pikiran orang lain pada saat kita berkomunikasi karena dengan begitu kita dapat mengetahui apakah lawan bicara kita nyaman berbicara dengan kita apa tidak serta kita tau harus bersikap seperti apa dengan dia.
  2. Rata-rata responder  mengetahui seseorang berbohong atau tidak melalui bahasa tubuh dan tingkah lakunya yaitu melihat dari tatapan matanya, raut wajahnya, serta dari nada bicaranya dan gerak-geriknya yang terlihat grogi. Semua dapat mengetahuinya karena memang melalui dari tatap mata dan raut wajah lah kebohongan dapat diketahui.
  3. Sekitar 69.5 % menjawab bahwa orang yang menggunakan telunjuk untuk menuding itu tidak sopan dan yang lainnya menjawab biasa saja. Mungkin tergantung pada situasi dan keadaannya ya dan tergantung kepada siapa dia berbicara.
  4. Bagi sebagian besar orang merupakan hal yang tidak baik bahkan menjengkelkan jika lawan bicara kita tidak menatap kita saat berkomunikasi karena mereka menganggap dia tidak sopan dan seperti tidak menghargai kita yang sedang berbicara dengannya. Seolah-olah dianggap radio rusak. Tapi ada juga yang menggap hal itu biasa saja tergantung topik pembicaraan dan tetap berpikir positif terhadap orang tersebut.
  5.  Cara mengetahui jika seseorang ingin berbicara (menyampaikan pendapat) dalam sebuah rapat yaitu dengan melihat gerak-geriknya yang gelisah, melihat raut wajahnya yang menggambarkan ingin menyampaikan sesuatu dan menunggu waktu yang tepat, selain itu dapat diketahui dari sikap nya yang tiba-tiba berdiri dan tunjuk tangan.
  6. Sekitar 71.7 % mengatakan bahwa gerakan tubuh kita belum tentu memperlihatkan kebenaran dari kata-kata yang kita ucapkan. Karena bahasa tubuh lebih memperlihatkan kondisi yang sebenarnya sedangkan kata-kata yang terucap belum tentu benar atau sesuai dengan kondisi kita. Bisa saja kata-kata tersebut merupakan kebohongan tetapi bahasa tubuh kita memperlihatkan yang sebenarnya.
  7. Sebagian besar orang berpendapat bahwa dalam bersosialisasi kita perlu membaca pikiran seseorang melalui sikapnya, dengan begitu kita dapat mengetahui bagaimana orang tersebut serta kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengannya yaitu dengan kita melihat sikapnya yang menggambarkan dia nyaman atau tidak bicara dengan kita. Ada juga yang berpendapat bahwa hal tersebut kadang-kadang dibutuhkan mungkin pada situasi dan kondisi tertentu saja dimana mengharuskan kita membaca pikiran dan sikapnya agar mempermudah kita untuk berkomunikasi dengannya.
  8. Dalam dunia IT kita perlu membaca pikiran sikap dan pikiran orang lain karena hal tersebut akan mempermudah kita dalam hal bersosialisasi dengan orang lain misalnya dengan para calon pengguna aplikasi atau sistem yang akan kita buat, jadi kita mudah memahami kebutuhan pengguna dan membuat pengguna puas dengan aplikasi atau sistem yang kita buat.

Kesimpulan :

Dari survey yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setiap orang bisa membaca sikap dan pikiran orang lain melalui bahasa tubuhnya dan hal tersebut akan mempermudah kita untuk berkomunikasi serta bersosialisasi dengan orang lain.



Testimoni :
Dengan mengerjakan tugas ini saya mendapat pengalaman baru  yaitu melakukan survey online. Sebelumnya saya tidak pernah melakukan hal ini sebelumnya. Melakukan survey online ini memberikan kesenangan tersendiri karena kita bisa melihat berbagai respon setiap orang mengenai hal yang kita tanyakan. Menurut saya survey online ini merupakan cara yang efektif untuk melakukan survey tanpa harus melakukan secara manual yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga kita.

Demikianlah mengenai survey saya, terima kasih :)

Tidak ada komentar: